Minggu, 14 Juni 2009

Dua Ganda Indonesia Lolos ke Final Singapura
Sabtu, 13 Juni 2009 19:08 WIB | Olahraga | Bulutangkis | Dibaca 647 kali
Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan pertama Markis Kido/Hendra Setiawan untuk pertamakalinya pada Singapura Terbuka 2009 meraih kemenangan dua game langsung untuk maju ke final turnamen Super Series berhadiah 200.000 dolar AS tersebut.

Pada pertandingan terakhir yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Sabtu, Kido/Hendra mengalahkan pasangan Denmark Lars Paaske/Jonas Rasmussen 21-12, 21-16 hanya dalam 29 menit --pertandingan terpendek pada hari tersebut-- untuk menyusul ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda yang sudah lebih dulu lolos ke final.

Setelah memimpin 8-7 pada game pertama, pasangan juara Olimpiade itu melaju dengan delapan poin beruntun dan tak terkejar lagi hingga menutup game pertama 21-12.

Mereka juga terus memimpin sejak awal game kedua untuk menyudahi perlawanan unggulan keempat tersebut dengan skor 21-16, setelah dalam tiga pertandingan sebelumnya, selalu meraih kemenangan tiga game.

"Tadi saya main sudah langsung menyerang terus dari awal, mereka juga tidak begitu siap jadi kami bisa unggul terus poinnya,"ujar Kido mengenai kemenangan tersebut.

Pada final, pasangan yang mengejar gelar kedua tahun ini setelah memenangi Kejuaraan Asia April lalu, akan bertemu pasangan Inggris Nathan Robertson/Anthony Clark yang sebelumnya menundukkan ganda Taiwan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang 21-19, 21-19.

Kido mengatakan akan bermain habis-habisan menghadapi pasangan tersebut pada final Minggu.

Sebelumnya, ganda putri non unggulan Greysia Polii/Nitya Krishinda membukukan final pertama mereka setelah menyisihkan unggulan delapan asal Denmark Kamilla Rytter Juhl/Lena Frier Kristiansen 22-20, 21-12.

"Game pertama senjata kami adalah sabar dan tenang sampai bisa menyusul, karena Denmark bermain bagus pada game pertama. Pada game kedua kami kuasali pukulan-pukulan mereka terutama dengan bermain pendek atau net," jelas Greysia usai pertandingan.

Greysia/Nitya akan memperebutkan gelar juara dengan pasangan China unggulan kelima Zhang Yawen/Zhao Tingting yang menyisihkan unggulan ketiga asal Korea Ha Jung Eun/Kim Min Jung 22-20, 21-18.

Ganda China tersebut, kata Greysia, pernah mengalahkan mereka pada satu-satunya pertemuan sebelumnya yang terjadi tahun lalu.

Sementara itu, unggulan pertama sekaligus juara bertahan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir gagal mencapai final setelah dikalahkan pasangan China, unggulan keenam Xie Zhongbo/Zhang Yawen 22-20, 22-20.

Nova mengatakan, sebenarnya kedua pasangan tampil buruk, hanya saja ganda China tersebut lebih beruntung dibanding dia dan pasangannya.

"Hari ini kami bermain buruk, mereka juga sedang jelek, cuma pada poin terakhir kami terlalu buru-buru jadi malah mati sendiri," ujar Nova usai pertandingan.

Zhongbo/Yawen akan bertemu rekan senegara mereka Zheng Bo/Ma Jin di final, setelah unggulan kelima itu menang atas pasangan juara Olimpiade dari Korea sekaligus unggulan kedua Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung 21-14, 21-18.

Adapun final tunggal putra mempertemukan dua pemain non unggulan, Bao Chunlai dari China melawan Boonsak Ponsana dari Thailand, sedangkan final tunggal putri terjadi antara unggulan pertama Zhou Mi dari Hong Kong dengan pemain China Xie Xinfang yang menjadi unggulan delapan.(*)

Tidak ada komentar: